Khasiat Daun Beluntas Ternyata Ampuh Cegah Hepatitis B

Khasiat Daun Beluntas Ternyata Ampuh Cegah Hepatitis B – Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang bersifat menular dan membahayakan nyawa manusia. Infeksi penyakit ini bukan hanya menyerang ibu hamil, kualitas hidup anak yang dikandung sama-sama terancam.

Khasiat Daun Beluntas Ternyata Ampuh Cegah Hepatitis B

Fungsi hati tidak sekedar menguraikan zat racun, namun penting dalam sistem metabolisme dan reaksi biokimia. Jika didukung pola makan serta gaya hidup tidak menyehatkan maka hati akan berpenyakit.

Pola penularan virus hepatitis diketahui melalui kontaminasi atau pertukaran darah, vertikal dari ibu ke anak, dan hubungan intim menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes Eny Gustina. Semakin muda usia seseorang ketika terinfeksi hepatitis b, semakin tinggi risikonya berkembang menjadi hepatitis b tingkat kronis sesudah ia beranjak dewasa.

Walau gejala secara umum berbentuk sakit kuning diikuti nyeri di bagian perut, kadang hepatitis b tidak dirasakan atau tidak terlihat dengan jelas. Mungkin seseorang berpendapat tubuhnya sehat tidak bermasalah apa-apa, tapi tanpa disangka sewaktu didiagnosa positif ditemukan hepatitis b.

Kematian akibat hepatitis b dikabarkan meningkat beberapa dekade terakhir setara dengan kasus HIV / AIDS dan TB. Untuk itu jangan tunda kondisi tersebut, konsultasi ke dokter dan lakukan terapi yang tepat.

Khasiat Daun Beluntas Ternyata Ampuh Cegah Hepatitis B

Pernah dengar beluntas? Nah inilah tanaman semak belukar bernama latin Pluchea indica L. yang mudah tumbuh di tanah terbuka bahkan buruk sekalipun. Ternyata selain dipakai campuran makanan seperti urap, pecel dan sayur-mayur biasa, daun beluntas memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Penelitian ilmiah para mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di bawah bimbingan dosennya membuktikan bahwa daun beluntas ternyata mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun. Daun beluntas yang memang getir di lidah dan berbau khas terdeteksi zat-zat myricetin, quercetin, dan kaemferol yang termasuk golongan flavonoid (antioksidan) yang diperlukan agar radikal bebas perusak sel tubuh teratasi.

Penelitian bertujuan untuk mengenal efek hepatoprotektor daun beluntas yang dicek melalui histopatologi hati, SGPT, dan SGOT pada hewan tikus jantan galur Wistar selama lebih kurang 4 bulan. Tidak mau kalah, akar beluntas juga bagus meredakan demam, menambah nafsu makan, penyegar mulut, melancarkan pencernaan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Di Sini!