Cara Menghancurkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Tanpa Operasi – Batu ginjal sering menyusahkan bagi siapapun, seseorang bisa terserang penyakit ini karena beragam alasan. Batu ginjal terbentuk sembunyi-sembunyi, saat batu sudah membesar maka sejak itulah batu mulai merusak jaringan tubuh.

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Ginjal merupakan organ terpenting yang berfungsi mengeluarkan zat sisa dalam darah menjadi urin dan menyaring cairan. Jika kelebihan zat sisa (asam urat, garam dan kalsium) maka diubah ke endapan kristal yang bisa saling menumpuk juga mengeras sehingga muncul batu ginjal.

Nefrolitiasis atau secara umum dinamakan batu ginjal diketahui memiliki ukuran yang berbeda-beda. Baik dari hanya setara kerikil atau sekecil pasir, lalu turun ke saluran penghubung ginjal ke kandung kemih agar bisa terbuang bersama urin dan kadang ada yang tetap tinggal di ginjal.

Nah biasanya batu ginjal tidak memperlihatkan keanehan gejala, batu tersebut akan mengganggu setelah bergerak menemukan tempat sempit dan mengiritasi. Batu ginjal berpeluang tersangkut pada saluran kencing hingga menyumbat saluran pembuangan urin dan berakibat rasa nyeri bahkan pendarahan.

Apakah faktor risiko yang mampu menyebabkan batu ginjal?

  • Kegemukan (obesitas)
  • Tidak meminum cukup air
  • Kurang gerak (imobilisasi)
  • Genetik alias keluarga
  • Pernah mengidap batu ginjal sebelumnya
  • Dehidrasi / kurang cairan dampak sedikitnya minum maupun berada di area suhu udara panas
  • Kondisi medis tertentu (infeksi saluran kemih dan hiperparatiroidisme)
  • Menjalankan pola makan tertentu dengan mengonsumsi makanan yang sarat protein, garam, atau gula
  • Mengalami masalah pencernaan atau pasca operasi organ pencernaan. Gangguan diare kronis, penyakit peradangan usus, atau pasca operasi saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan (gastric bypass) adalah beberapa contoh kondisi yang mengganggu penyerapan cairan dalam tubuh, sehingga meningkatkan kadar zat pembentuk batu dalam darah.

Riwayat penyakit saluran kemih ini terjadi dengan prelevansi hampir 20 persen terutama usia masih produktif (rentang 20-50 tahun). Sekitar 1/3 orang yang mengalami gangguan ginjal disebabkan batu ginjal, disusul hipertensi, dan diabetes mellitus.

Walau sering tidak bergejala, tapi beberapa ciri berikut dapat dialami:

  • Nyeri pinggang
  • Sakit berkemih
  • Anyang-anyangan
  • Urin keruh atau kemerahan

Kaum laki-laki ternyata rentan tersiksa oleh batu ginjal ketimbang perempuan. Memang tidak jelas bukti ilmiah tentang mengapa lebih banyak laki-laki menderita batu ginjal, mungkin saluran kemih yang rumit dicurigai salah satu penyebabnya.

Bagaimana cara menghancurkan batu ginjal tanpa operasi?

Lewat teknik perawatan baru “ESWL” di sini anda bisa meluruhkan batu ginjal bebas sakit, malah tanpa perlu dibedah (noninvasif). Pihak Urology Center Siloam Hospitals asal Kebon Jeruk Jakarta, merekomendasikan solusi Extra Corporeal Shock Wave menggunakan triple focus: daya penghancuran batu ginjal lebih maksimal, menyulap batu jadi minimal dan radiasi aman.

Spesialis urologi dr. Marto Sugiono menerangkan rinci bahwa ESWL ditujukan untuk menghancurkan batu ginjal tanpa operasi. Menggunakan gelombang suara kejut (bukan laser), batu ginjal dipecah seperti puing-puing lebih kecil sehingga batupun dapat keluar alami lewat saluran kencing.

Prosedur ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dan tidak memerlukan pembiusan, di mana pasien diminta berbaring dengan posisi acak agar batu ginjal dapat ditemukan menggunakan sinar-X dan USG (ultrasonografi). Selanjutnya gelombang suara kejut dapat difokuskan pada batu ginjal dan persiapan yang perlu dilakukan sebelum prosedur ESWL adalah puasa makanan dan minuman setidaknya 4-6 jam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Di Sini!