Anjuran Minuman Untuk Penderita Asam Urat

Anjuran Minuman Untuk Penderita Asam Urat – Asam urat sering membuat dilema bagi penderitanya, mereka tidak tahu memilih minuman apa yang baik untuk melawan penyakit ini. Setiap pasien dituntut berpikir bijak karena tidak setiap minuman bisa dikonsumsi.

Anjuran Minuman Untuk Penderita Asam Urat

Ketika kadar purin dalam aliran darah terlalu tinggi, otomatis tubuh perlu memecahnya dengan asam urat. Jika asam urat tinggi terabaikan, maka menyebabkan peradangan sendi parah karena kristal tidak terbuang melainkan saling menumpuk di area persendian.

Asam urat memang dianggap paling menjengkelkan, beberapa ciri adanya penyakit asam urat yaitu bengkak, nyeri hebat dan mendadak, dibarengi kaku pergelangan kaki hingga tangan termasuk jari kaki atau tangan. Oleh karenanya waspadai minuman seperti alkohol, bir, minuman berenergi, kopi, soda (minuman ringan berpemanis buatan), dan jus kaleng.

Anjuran Minuman Untuk Penderita Asam Urat

Air Lemon Peras

Mungkin bukan rahasia umum, lemon menyimpan asam askorbat alias vitamin C lumayan besar. Salah satu buah tropis berwarna kuning cerah yang identik dengan rasa masam luar biasa ini tujuannya tentu meredakan rasa sakit akibat asam urat dengan cepat.

Air Putih

Mungkin terdengar sepele namun inilah kenyataanya. Hal sederhana memperbanyak minum air putih (bening) sekurang-kurangnya antara 8-12 gelas per hari cukup menjaga kadar asam urat diambang normal. Mengapa? air rupanya mampu mengeluarkan toksin atau racun juga kelebihan asam urat di tubuh.

Penelitian dari tahun 2009, mengungkap berapapun gelas air yang dikonsumsi dalam 24 jam sebelum serangan asam urat, risiko akan berkurang. Mereka yang minum lima hingga delapan gelas air tercatat 40 persen lebih rendah terkena asam urat ketimbang yang minum hanya satu gelas air atau kurang selama 24 jam.

Teh Hijau

Menurut sumber, meneguk teh hijau secara teratur akan mengendalikan hyperuricemia yakni kenaikan kadar asam urat sekaligus turunkan risiko terserang asam urat.

Jus Blueberry dan Stroberi

Dikatakan bahwa jenis-jenis berri tersebut mempunyai sifat antiinflamasi tinggi, sehingga cocok membantu kondisi asam urat yang memburuk.

Air Jahe

Jahe sarat zat anti-radang gingerols dan shogaol demi turunkan peradangan parah yang muncul. Rempah khas nusantara ini dapat mencegah kristal terbentuk kemudian meringankan gejala asam urat.

Susu

Produk susu terutama yang rendah lemak menambah proses pembuangan sisa metabolisme asam urat di urin. Nah, seseorang yang minum seporsi maupun lebih yoghurt (low fat milk) sehari, lebih sedikit asam urat dalam darah dibandingkan mereka yang menjauhkan diri.

Ingat, penting memperhatikan berbagai pantangan dan mempertahankan pola makan yang baik agar asam urat tidak menjadi komplikasi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Di Sini!